PEMBERIAN PAKAN SISTEM PRASMANAN




oleh Bataragema Merpati pada 15 September 2011 jam 19:26

Sebagian besar hobiis merpati memberi pakan ternaknya hanya dengan jagung. Sebagian yang lain memberi pakan campur yang terdiri dari beberapa jenis pakan. Beberapa jenis pakan yang biasa dicampur untuk merpati adalah jagung, gabah, beras merah, kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, millet, jawawut, voer, nasi aking, dan gaplek.

Merpati yang diberi pakan hanya dengan satu jenis pakan (misal jagung saja) tentu akan mengalami 'lapar nutrisi' yang pada jangka panjang akan mengganggu kesehatan dan kinerjanya. Para ahli nutrisi ternak merekomendasikan pemberian pakan beragam sehingga kebutuhan nutrisi 'makro' dan 'mikro' dapat terpenuhi.

Namun, pemberian pakan campur ada pula kelemahannya, yakni tidak melulu cocok untuk tiap individu merpati, karena tiap individu tersebut berlainan kebutuhan tingkat nutrisinya. Faktor-faktor yang menyebabkan tiap individu merpati berlainan tingkat dan kebutuhan nutrisinya diantaranya usia, jenis kelamin, dan ativitas.

Dalam rangka mengupayakan pemenuhan kebutuhan nutrisi tiap individu merpati, salah satu cara yang sudah banyak diterapkan adalah "pemberian pakan sistem prasmanan'. Pemberian pakan sistem prasmanan adalah menyediakan tiap macam pakan namun tidak dicampur. Sedikit atau banyaknya tiap jenis pakan dikonsumsi oleh merpati betul-betul menurut selera merpati. Adakalanya merpati A mengkonsumsi pakan X sedikit sedang merpati B banyak, atau sebaliknya. Pemberian pakan sistem prasmanan ini sebaiknya diberikan secara 'adlibitum' (selalu tersedia setiap saat).

Demikian, semoga bermanfaat. www.merpatibreedingfarm.blogspot.com /bataragema breeder.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BURUNG KOLONG VS BURUNG TOMPRANG

PENYEBAB MERPATI HILANG

LAPAK LAPANGAN DJARUM